Miftau Rahman Taufik

Jadilah Yang Terbaik atau Jadilah Yang Berbeda.

Bacalah!

Dengan

Menyebut

Nama

Tuhan-Mu

Yang Menciptakan

Akun Saya

Benarkah Kuliah di Kedokteran itu Mahal

diposting oleh mirata-fk13 pada 03 March 2016
di Kedokteran - 0 komentar

Kak, Benarkah Kuliah di Kedokteran itu Mahal?

          Jawabannya bisa iya bisa juga tidak.

 

Maksudnya gimana Kak? kok bisa iya tapi bisa juga tidak?

          Tergantung kamu kuliahnya di kedokteran universitas negeri atau swasta.

 

Kalo kuliah di kedokteran universitas swasta biayanya berapa Kak?

          Biaya kuliah di fakultas kedokteran universitas swasta sangat mahal, total biaya yang diperlukan hingga lulus mendapat gelar dokter bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran. Biasanya yang kuliah di fakultas kedokteran universitas swasta itu orang tuanya pengusaha atau pejabat tinggi karena memang biaya kuliahnya cukup fantastis.


Bagaimana dengan fakultas kedokteran universitas negeri Kak?

          Kalo di Universitas Negeri masih tergantung jalur masuknya, SNMPTN (jalur undangan), SBMPTN (jalur tes nasional), atau Mandiri (jalur tes lokal universitas).


Tolong dijelaskan semua donk Kak?

          Universitas negeri sejak tahun 2013 menerapkan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal), dimana biaya kuliah disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Semakin besar penghasilan orang tua maka akan semakin besar juga biaya kuliah yang dibayarkan tiap semesternya. Nilai UKT ini berbeda untuk setiap fakultas, bahkan juga akan berbeda untuk tiap jurusan atau program studinya. Kalo kita bandingkan dengan fakultas dan program studi lainnya, memang fakultas kedokteran dan program studi pendidikan dokter itu lebih mahal, tapi masih jauh lebih murah ketimbang di universitas swasta. Total biaya yang diperlukan hingga lulus mendapat gelar dokter bervariasi dari nol sampai ratusan juta rupiah untuk SNMPTN dan SBMPTN. Tapi kalo masuknya jalur mandiri sih kurang lebih hampir sama dengan kuliah di kedokteran swasta.


Emang bisa kuliah di kedokteran dengan biaya 0 rupiah Kak?

          Bisa, kalo kamu dari keluarga yang kurang mampu. Silahkan cari aja info beasiswa bidikmisi. Bahkan kamu malah dapat uang saku tiap bulannya buat makan dan tempat tinggal.


Kenapa kalo masuknya jalur mandiri kok kurang lebih sama biayanya kayak kuliah di kedokteran swasta kak?

       Karena kebijakan universitas biasanya membedakan nilai UKT untuk SNMPTN/ SBMPTN dengan jalur mandiri, kalaupun sama maka mahasiswa jalur mandiri harus membayar uang gedung dan UKT maksimal, sehingga biayanya jadi lebih mahal.


Oh begitu, makasih ya Kak buat infonya.

          Iya, sama sama.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :