Miftau Rahman Taufik

Jadilah Yang Terbaik atau Jadilah Yang Berbeda.

Bacalah!

Dengan

Menyebut

Nama

Tuhan-Mu

Yang Menciptakan

Akun Saya

Belajar Jadi Helpdesk

diposting oleh mirata-fk13 pada 03 March 2016
di Diari Penulis - 0 komentar

          Mulai bulan februari kemarin saya bekerja sebagai staff magang di Direktorat Sistem Informasi dan Komunikasi (DSIK) Universitas Airlangga. Sebenarnya awalnya iseng aja ikut pendaftaran magang jadi Helpdesk di DSIK UNAIR bulan januari kemarin. Tiba tiba pas lagi asik liburan di kalimantan di hubungi oleh pihak DSIK UNAIR dan diberi tahu kalau saya ke terima jadi Helpdesk. Singkat cerita pas saya balik ke Surabaya saya langsung mendatangi kantor DSIK Unair di Jalan Mulyorejo kampus C UNAIR gedung Rektorat lantai 2.


           Sebagai Helpdesk DSIK UNAIR tugas saya melayani kalo ada pertanyaan, komplain, dan juga permintaaan informasi dari semua pihak. Ketika masa KRS(Kartu Rencana Studi) dan pengajuan Wisuda biasanya banyak permintaan reset password Cybercampus baik karena lupa password atau juga karena sudah tidak dibuka selama 6 bulan. Setelah masa KRSan dan wisud telah selesai tugasnya lebih banyak untuk membuat artikel tentang UNAIR yang nantinya akan dipublikasikan ke masyarakat.


          Ketika magang di DSIK ini banyak yang nanya kok bisa mahasiswa kedokteran magang kerja, emang gak kuliah/praktikum/belajar/praktek/dll??? Jawabnya simpel, bisa saja Pak/Bu. Berhubung saya sekarang semester 6. Semester 6 merupakan semester paling cepat pulang di fk, masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 11.30. Jadi masih sempat magang jadi Helpdesk dengan mengambil shift siang (12.30-17.00).

 

          Jadi inget nih ketika daftar dulu di suruh ngirim artikel dengan judul "Andai Aku Menjadi Helpdesk", bingung mau nulis apa, jadinya kayak gini:


Kepada YTH

Bapak/Ibu Bag HRD Helpdesk IT Universitas Airlangga

Di Tempat

 

          Saya seorang mahasiswa kedokteran semester 5. Menjadi seorang helpdesk memang belum pernah terpikir sebelumnya, apalagi sebagai mahasiswa kedokteran sangat susah mencari kerja sampingan yang jam kerjanya jam 08.00-16.00 karena kuliah dan praktikum di kedokteran biasanya dimulai pukul 07.00 dan baru berakhir pukul 15.00. Namun untungnya ada semester 6 dan 7 yang merupakan semester transisi dari preklinik(kampus) menjadi klinik(rumah sakit) yang kuliahnya hanya dari pukul 07.30 sampai 11.00 tanpa adanya praktikum yang biasanya mengisi pukul 12.00-15.00. Jadi saat saya melihat berita penerimaan helpdesk dari seorang teman, saya berniat untuk mencobanya.

          Menurut saya menjadi helpdesk cukup menarik, karena kita mendapat informasi lebih awal ketimbang teman teman mahasiswa yang lain. Kita juga bisa mendapat informasi penting secara up to date. Kerja sebagai helpdesk memang kerjanya hanya duduk, mungkin sambil membuka laptop atau menunggu jika ada telpon yang datang, namun menjadi helpdesk tentu lebih berkelas dan membanggakan daripada sekedar menjadi penjaga parkir atau warnet maupun kasir toko. Selain itu, kita kita juga mengasah skill kemampuan berkomunikasi yang baik, skill ini sangat penting dan ditekankan di dunia kedokteran karena membina hubungan baik dengan pasien merupakan kunci keberhasilan terapi pasien.

          Besar harapan saya bisa diterima sebagai helpdesk IT Universitas Airlangga. Saya siap bekerja secara tim dan ditugaskan dalam bidang apapun. Saya niatkan mengikuti penerimaan ini untuk menambah pengalaman dan mengisi waktu luang semester 6 dan 7. Apapun hasil dari penerimaan helpdesk ini nantinya akan saya terima apa adanya.

          Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :