Miftau Rahman Taufik

Jadilah Yang Terbaik atau Jadilah Yang Berbeda.

Bacalah!

Dengan

Menyebut

Nama

Tuhan-Mu

Yang Menciptakan

Akun Saya

Masa Depan Kuliah Di Kedokteran

diposting oleh mirata-fk13 pada 08 April 2016
di Kedokteran - 0 komentar

Kak, Masa Depan Kuliah Di Kedokteran itu gimana sih?

        Masa depannya ya jadi Dokter. Kalo di luar negeri sih cukup banyak yang hanya menjadi dosen atau peneliti saja, tidak membuka praktek seperti dokter-dokter di Indonesia, karena disana gaji dosen dan peneliti setara dengan gaji dokter-dokter yang praktek. Tapi hal ini sangat berbeda di Negeri Kita Tercinta ini, hampir semua dokter-dokter yang jadi dosen dan peneliti tetap membuka praktek pada malam harinya, karena gaji yang mereka dapatkan dari profesi dosen dan peneliti jauh lebih sedikit daripada dari prakteknya sebagai dokter. Hal ini memang mulai berubah sesuai dengan kebijakan BPJS, tapi secara umum ya masih seperti itu.

      Setelah dokter menyelesaikan masa baktinya selama 1 tahun di daerah yang membutuhkan (internship) maka dokter di Indonesia punya 5 kecenderungan sebagai berikut:

1) Langsung daftar PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis), biasanya dari kalangan keluarga yang berada, biaya kuliah mereka masih ditanggung Kedua orang tuanya.

2) Cari uang dulu, kerja praktek 2-5 tahun, nabung untuk daftar PPDS, biasanya dari keluarga sederhana atau memang punya kemauan mandiri.

3) Daftar PNS dulu, cari beasiswa dari kabupaten atau provinsi, terus daftar PPDS, biasanya yang punya sifat cari aman saja, kalo lulus langsung mengabdi di rumah sakit kabupaten atau provinsi yang memberikan beasiswa

4) Daftar jadi Dosen, lanjutin jadi master dan doktor, bahkan profesor, sambil melakukan penelitian, biasanya yang punya kecenderungan jadi dosen atau peneliti.

5) Praktek normal, cari modal, buka usaha sampingan, gak ngambil spesialis, biasanya yang udah mulai bosen dengan dunia medis, praktek dijadikan hobi saja.

       Tapi jangan dibayangkan semua dokter itu kaya raya ya. Kalo dokter spesialis sih bisa jadi, tapi kalau hanya dokter umum dan prakteknya santai-santai saja ya gajinya gak jauh beda sama PNS-PNS di pemerintahan, bahkan bisa jadi lebih kecil gajinya. Banyak kok dokter yang hidupnya sederhana. Jadi kalo mau jadi dokter kita memang harus meluruskan niat dulu, niatkan untuk membantu dan menolong orang lain dalam hal kesehatan dan medis, jangan diniatkan mau kaya raya, takutnya nanti kecewa, hehe. Tapi yakin aja gak ada dokter yang miskin, apalagi sampai gak punya uang buat beli makan. Selama niat kita baik pasti rezeki kita juga lancar dan barokah. Kesimpulannya masa depan dan prospek Dokter di Indonesia itu bagus kok, apalagi kalo niatnya bener, prospek dunia dan akhirat InsyaAllah.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :